Tes TOEFL Listening Comprehension Section
bertujuan menguji kemampuan Anda dalam memahami bahasa lisan. Akan tetapi,
untuk bisa memahami bahasa lisan tersebut, di samping harus membiasakan diri
mendengarkan bahasa Inggris lisan, Anda harus memiliki pengetahuan struktur
bahasa (tata bahasa) Inggris yang memadai. Semua kalimat dalam bagian ini
menggunakan kalimat yang grammatically correct (benar menurut tata bahasa) dan
biasanya dalam bentuk kalimat lengkap. Semua kalimat tersebut diucapkan dalam
percakapan bahasa Inggris. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan soal tes TOEFL
Listening Comprehension dengan baik, Anda dituntut memiliki kemampuan
untuk:
- memahami tekanan dan nada,
- memahami perbedaan bunyi,
- memahami idiom dalam bahasa Inggris,
- memahami ungkapan-ungkapan percakapan,
- memahami kelompok atau frasa kata kerja,
- menemukan informasi yang tersirat (tak dinyatakan secara jelas),
- memahami perbandingan, dan
- memahami makna/isi percakapan atau pembicaraan.
TIP DAN TRIK MENJAWAB SOAL LISTENING COMPEHENSION
1. Pahami
bentuk-bentuk petunjuk (direction) pada masing-masing bagian (part) dengan baik
sebelum hari-H ujian.
2. Bacalah
pilihan pada masing-masing soal sebanyak mungkin ketika narator sedang
membacakan perintah dan contoh soal (example).
3. Dengarkan
dengan penuh konsentrasi dan fokuskan perhatian Anda pada percakapan yang
sedang Anda dengarkan.
4. Maksimalkan
kemampuan listening Anda pada soal-soal pertama pada masing-masing bagian.
JENIS PERTANYAAN SOAL TES TOEFL LISTENING COMPRHEHENSION
Anda sangat perlu memahami berbagai bentuk
pertanyaan tes TOEFL Listening Comprehens, seperti:
1. Soal
yang menanyakan Pikiran Utama (Main Idea)
·
What is the main idea of this talk?
(Apa
pikiran utama dari percakapan ini?)
·
What are they talking about?
(Apa yang sedang
mereka bicarakan?)
2. Soal
yang menanyakan Topik Pembicaraan
·
What is the text about?
(Tentang apa
teks tersebut?)
·
What is the talk about?
(Tentang apa
percakapan tersebut?)
·
What does the text talk about?
(Teks tersebut
membicarakan tentang apa?)
·
What is the topic of this talk?
(Apa topik dari percakapan ini?)
(Apa topik dari percakapan ini?)
3. Soal
yang menanyakan Kesimpulan (Conclusion/Inference)
·
What can we infer from the talk?
(Apa yang bisa kita simpulkan dari pembicaraan tersebut?)
(Apa yang bisa kita simpulkan dari pembicaraan tersebut?)
·
What is the conclusion of this meeting?
(Apa kesimpulan dari pertemuan ini?)
(Apa kesimpulan dari pertemuan ini?)
4. Soal
yang menanyakan Informasi yang detail (Detailed Information) mengenai Siapa
[Who), Apa (What), Di mana (Where), Kapan (When), dan Bagaimana (How).
·
Where did it happen?
(Di mana terjadinya?)
(Di mana terjadinya?)
·
When was this virus invented?
(Kapan virus ini ditemukan?)
(Kapan virus ini ditemukan?)
·
How could the explorer obtained the
location ?
(Bagaimana penjelajah mendapatkan lokasi tersebut?)
(Bagaimana penjelajah mendapatkan lokasi tersebut?)
·
Who is invited to the party?
(Siapa yang diundang ke pesta itu?)
(Siapa yang diundang ke pesta itu?)
·
What time did the meeting begin ?
(Jam berapa pertemuan itu dimulai?)
(Jam berapa pertemuan itu dimulai?)
5. Soal
yang menanyakan Saran (Suggestion/Advice)
·
What does the woman suggest?
(Apa yang wanita tersebut sarankan?)
(Apa yang wanita tersebut sarankan?)
·
What should the man do?
(Apa yang seharusnya laki-laki itu kerjakan?)
(Apa yang seharusnya laki-laki itu kerjakan?)
6. Soal
yang menanyakan implikasi (Implication)
·
What does this statement imply?
(Apa implikasi dari pernyataan ini?)
(Apa implikasi dari pernyataan ini?)
7.
Soal yang
menanyakan Tujuan (Purpose)
·
What is the purpose of the talk?
(Apa tujuan dari percakapan tersebut?)
(Apa tujuan dari percakapan tersebut?)
8.
Soal yang
menanyakan Judul (Title)
·
What is the best title of the talk?
(Apa judul yang terbaik untuk percakapan tersebut?)
(Apa judul yang terbaik untuk percakapan tersebut?)
9.
Soal yang
menanyakan tentang Sikap/Pandangan Pembicara (Speaker's View), apakah puas
(satisfied) sedih (sad), bahagia (happy), kritis (critical), dan sebagainya,
misalnya:
·
What's the speaker's impression about
the event?
(Bagaimana kesan pembicara tentang acara tersebut?)
(Bagaimana kesan pembicara tentang acara tersebut?)
·
What does the speaker's feel about it?
(Apa yang pembicara rasakan tentang ini?)
(Apa yang pembicara rasakan tentang ini?)
10. Soal
yang menanyakan tentang Peserta Ceramah (Audience)
·
Who is the speech addressing to?
(Ditujukan kepada siapa pidato tersebut?)
(Ditujukan kepada siapa pidato tersebut?)
·
Whom is the speaker talk to?
(Kepada siapa pembicara tersebut berbicara?)
(Kepada siapa pembicara tersebut berbicara?)
STRUKTUR SOAL TES TOEFL LISTENING COMPREHENSION
Soal Tes TOEFL Listening Comprehension Section
terdiri dari tiga bagian dengan 50 pertanyaan.
1. Bagian
A (Part A) terdiri dari 30 pertanyaan.
2. Bagian
B (Part B) terdiri dari tujuh sampai delapan pertanyaan.
3. Bagian
C (Part C) terdiri dari 11 sampai 13 pertanyaan.
Untuk menjawab 50 soal tersebut, Anda diberi
waktu antara 35-40 menit. Jadi, Anda memiliki waktu antara 12-15 detik untuk
menjawab 1 soal. Semua soal akan diperdengarkan melalui tape dan tidak ada
headphone, melainkan menggunakan speaker (pengeras suara) yang telah
dipersiapan untuk tes TOEFL. Pembicara dalam tape menggunakan pengucapan dan
ekspresi American English yang ucapan maupun ekspresinya agak berbeda dengan
British English. Anda perlu sekali memahami perbedaannya, terutama cara
pengucapannya. Pengetahuan yang cukup mengenai perbedaan bahasa Inggris British
dan bahasa Inggris Amerika khususnya dalam hal pronunciation (pengucapan) akan
sangat mendukung kemampuan Anda dalam mengerjakan tes Listening Comprehension.
Pada Part A
Pada Part A, Anda akan mendengar sekitar 30
percakapan pendek (short conversation/dialog) antara dua orang dan setiap satu
percakapan akan diikuti oleh satu pertanyaan. Rata-rata satu pembicara hanya
berbicara satu kali. Ketika Anda mendengarkan percakapan, Anda harus
memperhatikan dengan cermat ungkapan yang diucapkan oleh pembicara kedua,
karena biasanya kata kunci untuk menjawab berada pada kalimat yang diucapkan
oleh pembicara kedua.
Pembicara kedua biasanya akan memberikan informasi penting yang membuat Anda bisa menjawab pertanyaan. Setelah satu percakapan selesai Anda akan mendengar sebuah pertanyaan. Empat pilihan jawaban sudah tersedia dalam lembar soal. Semua jawaban disusun secara gramatikal, dan tampaknya semua benar. Namun sebenarnya HANYA ADA SATU jawaban yang benar. Anda iya diberi waktu 10 sampai 12 detik untuk menjawab setiap soalnya.
Pembicara kedua biasanya akan memberikan informasi penting yang membuat Anda bisa menjawab pertanyaan. Setelah satu percakapan selesai Anda akan mendengar sebuah pertanyaan. Empat pilihan jawaban sudah tersedia dalam lembar soal. Semua jawaban disusun secara gramatikal, dan tampaknya semua benar. Namun sebenarnya HANYA ADA SATU jawaban yang benar. Anda iya diberi waktu 10 sampai 12 detik untuk menjawab setiap soalnya.
TIP DAN TRIK MENJAWAB SOAL PART A
2.
Jangan panik jika tidak bisa memahami kata demi
kata dalam percakapan secara komplit. Anda hanya perlu menangkap ide atau isi
percakapan.
3. Bila anda sama sekali tidak bisa memahami apa yang
dibicarakan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari apa yang
Anda dengar.
4. Pahami bentuk-bentuk functional expression seperti
agreement (persetujuan), uncertainty (ketidakpastian), suggestion (saran),
surprise (keterkejutan), idiomatic expression, dan situasi ketika pembicaraan
dilakukan.
A. Setiap
pertanyaan dimulai dengan question words (kata-kata tanya) terutama:
1.
What (Apa/Apa yang/Berapa);
2.
Where (Di mana atau Ke mana); dan
3.
When (Kapan).
B. JARANG
SEKALI pertanyaan dimulai dengan:
1.
Why (Mengapa);
2.
Which (Yang mana);
3.
Who (Siapa/Siapa yang); atau
4.
How (Bagaimana/Berapa).
Berikut ini adalah beberapa penggunaan kata tanya yang sering muncul pada Tes TOEFL ListeningComprehension Section Part A.
a)
What does the (man/woman) mean?
(Apa maksud dari (laki-laki/wanita) tersebut?)
(Apa maksud dari (laki-laki/wanita) tersebut?)
b)
What will the (man/woman) probably do
(next)?
(Apa yang mungkin akan dikerjakan oleh (laki-laki/wanita) tersebut (berikutnya)?)
(Apa yang mungkin akan dikerjakan oleh (laki-laki/wanita) tersebut (berikutnya)?)
c)
What will the speakers do?
(Apa yang akan dilakukan oleh pembicara?)
(Apa yang akan dilakukan oleh pembicara?)
d)
What is the (man/woman) going to do?
(Apa yang akan dikerjakan oleh (laki-laki/wanita) tersebut?)
(Apa yang akan dikerjakan oleh (laki-laki/wanita) tersebut?)
e)
What does the (man/woman) plan to do?
(Apa yang (laki-laki/wanita) tersebut rencanakan?)
(Apa yang (laki-laki/wanita) tersebut rencanakan?)
f)
What does the (man/woman) imply
about...?
(Apa yang diimplikasikan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
(Apa yang diimplikasikan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
g)
What is the (man's/woman's) problem ?
(Apa masalah (laki-laki/wanita) tersebut?)
(Apa masalah (laki-laki/wanita) tersebut?)
h)
What problem does the (man/woman) think
the (man/woman) has?
(Masalah apa yang menurut (laki-laki/wanita) tersebut dimiliki oleh (laki-laki/wanita) itu?)
(Masalah apa yang menurut (laki-laki/wanita) tersebut dimiliki oleh (laki-laki/wanita) itu?)
i)
What are the speakers talking about?
(Apa yang sedang dibicarakan oleh para pembicara?)
(Apa yang sedang dibicarakan oleh para pembicara?)
j)
What does the (man/woman) suggest that
the (man/woman) do?
k)
(Apa saran yang diberikan oleh
(laki-laki/wanita) tersebut yang seharusnya dikerjakan oleh (laki-laki/wanita) itu?)
l)
What does the (man/woman) say about...?
(Apa yang dikatakan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
(Apa yang dikatakan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
m)
What does the (man/woman) think
about...?
(Apa yang dipikirkan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
(Apa yang dipikirkan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
n)
What had the (man/woman) assumed
about...?
(Apa yang telah diasumsikan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
(Apa yang telah diasumsikan oleh (laki-laki/wanita) tersebut tentang...?)
PART B
Pada Part B, Anda akan mendengar sebuah
percakapan panjang (long conversation/dialogue) antara dua orang dan setiap
satu percakapan panjang akan diikuti oleh beberapa pertanyaan.
TIP DAN TRIK MENJAWAB SOAL PART B
1. Ketika
narator membacakan petunjuk untuk PartB Anda sebaiknya membaca pilihan jawaban
secara sekilas kemudian merekamnya dan memperkirakan tema apa yang akan menjadi
perbincangan.
2. Ketika
menyimak conversation, Anda harus mengetahui tema/topik yang dibicarakan.
3. Waspadalah
terhadap masing-masing pertanyaan.
4. Cermati
kondisi dan situasi yang terjadi seiama percakapan berlangsung, yakni
menyangkut tempat dan waktu pembicaraan, apa dan siapa yang dibicarakan.
Teks lisan setiap percakapan panjang terdiri atas
140 s.d. 290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80 detik. Topiknya bersifat
lebih akademis bila dibandingkan dengan Part A dan materinya berbicara seputar
sejarah, ilmu pengetahuan atau organisasi universitas, dan kadang-kadang Anda
perlu memperhatikan informasi yang berKaitan dengan angka-angka yang terdapat
dalam percakapan ini. Di sini, Anda memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk
menjawab beberapa pertanyaan dalam satu percakapan panjang.Setelah percakapan
panjang selesai, Anda akan mendengar beberapa pertanyaan yang diucapkan sekali.
Pertanyaan tersebut biasanya dimulai dengan kata-kata tanya (question words)
terutama:
·
What (Apa/Apa yang/Berapa
·
Why (Mengapa)
·
How (Bagaimana/ Berapa, Bagaimana)
·
Who (Siapa)
·
Where (Di mana, Ke mana
·
Whom (Kepada/Dengan Siapa)
Contoh
pertanyaan-pertanyaan yang sering
diperdengarkan Part B ini antara lain:
(1)
What is the main topic of this conversation?
(Apa topik utama percakapan ini?)
(2) Where does the conversation take place?
(Di mana percakapan in berlangsung?)
(3) When did it occur?
(Kapan ini terjadi?
(4) What will the man probably do next?
(Apa yang mungkin akan dilakukan pria itu kemudian?)
(5) How does the woman decide to buy a ?
(Bagaimana wanita itu memutuskan untuk membeli...?)
(6) Who is the guest speaker?
(Siapa pembicara tamu itu?)
(Apa topik utama percakapan ini?)
(2) Where does the conversation take place?
(Di mana percakapan in berlangsung?)
(3) When did it occur?
(Kapan ini terjadi?
(4) What will the man probably do next?
(Apa yang mungkin akan dilakukan pria itu kemudian?)
(5) How does the woman decide to buy a ?
(Bagaimana wanita itu memutuskan untuk membeli...?)
(6) Who is the guest speaker?
(Siapa pembicara tamu itu?)
PART C
Pada Part C, Anda akan mendengarkan ceramah
pendek (a short lecture/talk) dan setiap satu mah pendek akan diikuti oleh
beberapa pertanyaan. Biasanya setelah kuliah atau ceramah Jek, Anda akan
mendengar 3 (tiga) sampai 7 (tujuh) pertanyaan.
TIP DAN TRIK MENJAWAB SOAL PART C
1. Bila
Anda memiliki waktu, lihatlah pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar
soal dan temukan kata kuncinya.
2. Waspadailah
pembicaraan pada kalimat pertama karena biasanya akan menjadi topik bagi
kalimat-kalimat selanjutnya.
3. Fokuskan
pendengaran Anda pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5W (what, who,
when, where, why) dan How.
4. Buatlah
kesimpulan/inferasi atas situasi yang terjadi saat pembicaraan dilakukan.
Teks lisan setiap ceramah terdiri atas 140 sampai
290 kata dan berlangsung sekitar 40 sampai 80 detik.Topiknya bersifat lebih
akademis bila dibandingkan dengan Part A dan materinya berbicara tar sejarah,
ilmu pengetahuan, atau organisasi universitas, dan kadang-kadang Anda perlu
perhatikan informasi yang berkaitan dengan angka-angka yang terdapat dalam
percakapan/kuliah ini. Di sini, Anda memiliki waktu kira-kira 12 detik untuk
menjawab beberapa pertanyaan n satu ceramah.
Setelah ceramah selesai, Anda akan mendengar
beberapa pertanyaan yang diucapkan sekali. Pertanyaannya biasanya dimulai
dengan Question Words (kata-kata tanya) terutama:
- What (Apa/Apa yang/Berapa),
- How (Bagaimana/ Berapa, Bagaimana),
- Where (Di mana, Ke mana),
- Why (Mengapa)
- Who (Siapa), dan
- Whom (Kepada/Dengan siapa)
1. Pertanyaan
tentang main idea (pikiran utama) biasanya meliputi:
·
What is the main idea of the talk?
(Apa pikiran utama dari percakapan tersebut?)
(Apa pikiran utama dari percakapan tersebut?)
·
What is the talk mainly about?
(Tentang apa percakapan tersebut?)
(Tentang apa percakapan tersebut?)
·
What are the speakers discussing?
(Apa yang sedang dibicarakan oleh para pembicara?)
(Apa yang sedang dibicarakan oleh para pembicara?)
·
What would be a good title for the lecture?
(Judul apa yang baik untuk kuliah tersebut?)
(Judul apa yang baik untuk kuliah tersebut?)
2. Pertanyaan
mengenai detail percakapan (details) biasanya meliputi:
·
What does the man/woman say about...?
(Apa yang dikatakan laki-laki/wanita tersebut tentang...?)
(Apa yang dikatakan laki-laki/wanita tersebut tentang...?)
·
What does the man/woman want?
(Apa yang diinginkan laki-laki/wanita tersebut?)
(Apa yang diinginkan laki-laki/wanita tersebut?)
·
What does the man/woman suggest about...?
(Apa saran laki-laki/wanita tersebut tentang...?)
(Apa saran laki-laki/wanita tersebut tentang...?)
·
What is the man/woman describing?
(Apa yang laki-laki/wanita tersebut deskripsikan?)
(Apa yang laki-laki/wanita tersebut deskripsikan?)
3. Pertanyaan
mengenai tujuan (purpose) biasanya meliputi:
·
Why did...?
(Mengapa (bentuk lampau)...?)
(Mengapa (bentuk lampau)...?)
·
Why is... ?
(Mengapa (bentuk kini)...?)
(Mengapa (bentuk kini)...?)
·
Why does the man/woman think...?
(Mengapa laki-laki/wanita tersebut mengira...?)
(Mengapa laki-laki/wanita tersebut mengira...?)
·
Why does the speaker mention...?
(Mengapa pembicara menyebutkan...?)
(Mengapa pembicara menyebutkan...?)
4. Pertanyaan
mengenai maksud atau implikasi (implication) biasanya meliputi:
·
What does the speaker imply about...?
(Apa yang pembicara maksud tentang...?)
(Apa yang pembicara maksud tentang...?)
·
What does the speaker infer about...?
(Apa yang pembicara simpulkan tentang...?)
(Apa yang pembicara simpulkan tentang...?)
·
What does the man/woman mean when he/she
says...?
(Apa yang laki-laki/wanita tersebut maksud ketika dia mengatakan...?)
(Apa yang laki-laki/wanita tersebut maksud ketika dia mengatakan...?)
5.
Pertanyaan lain pada bagian ini bisa saja meminta Anda
untuk memilih gambar, mencocokkan
pertanyaan, dan mengelompokkan jawaban berdasarkan kategori. Contohnya:
·
You may be asked to pick out the correct drawing
from what was described in words.
(Anda mungkin diminta untuk memilih gambar yang sesuai dengan apa yang dideskripsikan dengan kata-kata.)
(Anda mungkin diminta untuk memilih gambar yang sesuai dengan apa yang dideskripsikan dengan kata-kata.)
·
You may be asked to match two concepts together.
(Anda mungkin diminta untuk mencocokkan dua konsep bersama-sama)
(Anda mungkin diminta untuk mencocokkan dua konsep bersama-sama)
·
You may be asked to determine the sequence of
events.
(Anda mungkin diminta untuk menentukan urutan kejadian)
(Anda mungkin diminta untuk menentukan urutan kejadian)
·
You may be asked to categorize certain concepts.
(Anda mungkin diminta untuk mengkategorikan konsep tertentu)
(Anda mungkin diminta untuk mengkategorikan konsep tertentu)
LISTENING KUNCI 1 : FOKUS PADA KALIMAT AKHIR PERCAKAPAN
KUNCI 1 : FOKUS PADA KALIMAT AKHIR PERCAKAPAN
Dalam soal listening comprehension
dialong singkat (short dialog) berisi percakapan antara 2 orang. Setiap dialog
akan diikuti sebuah pertanyaan. Ingatlah trik pertama dari strategi
menjawab soal listening ini bahwa jawaban untuk jenis soal ini, paling
sering ditemukan berada di baris terakhir dari percakapan.Perhatikan contoh
berikut.
Di
dalam rekaman, Anda mendengar:
(Man): Billy really
made a big mistake this time.
(Billy sungguh telah membuat kesalahan saat ini)
(Woman): Yes, he forgot to turn in his research paper.
(Ya, dia lupa menyerahkan karya ilmiahnya)
(Billy sungguh telah membuat kesalahan saat ini)
(Woman): Yes, he forgot to turn in his research paper.
(Ya, dia lupa menyerahkan karya ilmiahnya)
(Narator): What does the woman say about Billy?
(Apa yang dikatakan wanita mengenai Billy?)
Pada
buku tes atau pada layar komputer, Anda akan membaca:
(A) It was the first time he made a mistake.
(Ini pertama kalinya dia membuat kesalahan)
(B) He forgot to write his paper.
(Dia lupa untuk menulis karya ilmiahnya)
(C) He turned in the paper in the wrong place.
(Dia menyerahkan karya ilmiahnya pada tempat yang salah)
(D) He didn’t remember to submit his assignment.
(Dia tidak ingat untuk mengumpulkan tugasnya)
(A) It was the first time he made a mistake.
(Ini pertama kalinya dia membuat kesalahan)
(B) He forgot to write his paper.
(Dia lupa untuk menulis karya ilmiahnya)
(C) He turned in the paper in the wrong place.
(Dia menyerahkan karya ilmiahnya pada tempat yang salah)
(D) He didn’t remember to submit his assignment.
(Dia tidak ingat untuk mengumpulkan tugasnya)
Baris
terakhir dari dialog ini menunjukkan bahwa Billy lupa menyerahkan karya
ilmiahnya, dan ini berarti bahwa Dia tidak ingat untuk mengumpulkannya.
Maka jawaban yang tepat adalah (D).
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
STARTEGI #1
FOKUS PADA AKHIR BARIS
1. Ingatlah
bahwa baris akhir dari dialog kemungkinan berisi jawaban dari pertanyaannya.
2. Dengarkan
baris pertama dari dialog, jika anda memahaminya. Jika tidak memahaminya,
jangan khawatir karena itu kemungkinan tidak berisi jawabanmya
3. Selalu
fokus pada baris terakhir dari dialog. Ingat kembali apa yang diucapkannya
untuk menemukan jawabannya.
Kunci Menjawab Soal Tes TOEFL Listening (2)
PILIH JAWABAN DENGAN SINONIM (PERSAMAAN KATA)
Dalam soal TOEFL listening, Anda akan menemukan
soal yang mengandung sinonim (kata dengan makna yang sama tapi bunyi yang
berbeda). Kunci jawaban soal jenis ini berupa sinonim juga, dan merupakan kata
kunci percakapan yang harus diperhatikan. Perhatikan contoh berikut.
Terdengar Pada rekaman:(Woman) : Why is Barbara feeling so happy?
(Kenapa Barbara merasa sangat senang)
(Man) : She just started working in a real estate agency.
(Dia baru saja mulai bekerja di agensi perumahan)
(Narator) : What does the man say about Barbara?
(Apa yang dikatakan pria itu mengenai Barbara?)
Pada buku tes atau layar komputer terdapat pilihan jawaban:
(A) She always liked her work in real estate.
(Dia selalu menyukai pekerjaannya di perumahan)
(B) She began a new job.
(Dia memulai pekerjaan baru)
(C) She just bought some real estate.
(Dia baru saja membeli beberapa perumahan)
(D) She bought a real estate agency.
(Dia membeli agensi perumahan)
Pada dialog ini, kata kuncinya started (mulai) yang berarti began (mulai), dan kata kunci working (pekerjaan) mengarah ke job (pekerjaan). Maka jawaban tepat dari soal di atas adalah (B).
INGATLAH
Kunci Menjawab Soal Tes TOEFL Listening nomor kedua adalah "Pilih Jawaban dengan
Sinonim atau Persamaan Kata".
Kunci Menjawab Soal Tes TOEFL Listening (3)
MENGHINDARI BUNYI KATA YANG SAMA
Seringkali peserta tes TOEFL keliru menjawab soal
listening karena terjebak oleh kata yang berbunyi sama tapi memiliki makna
berbeda. Karenanya, perhatikan baik-baik bunyi pengucapan dalam rekaman untuk
mengindari kekeliruan menjawab. Perhatikan contoh soal berikut.
Pada rekaman terdengar:
(Man) : Why couldn't Mark come with us?
(Kenapa Mark tidak bisa datang bersama kita?)
(Woman): He was searching for a new apartment
(Dia sedang mencari apartemen baru)
(Narator) : What does the woman say about Mark ?
(Apa yang dikatakan wanita itu mengenai Mark?)
Pada buku tes atau layar komputer terdapat pilihan jawaban:
(A) He was in the department office.
(Dia berada di kantor departemen)
(B) He was looking for a place to live.
(Dia sedang mencari tempat untuk tinggal)
(C) He was working on his research project.
(Dia sedang mengerjakan proyek penelitiannya)
(D) He found perch and parchment.
(Dia menemukan tenggeran burung dan kertas kulit)
Kata kunci pada baris terakhir dialog adalah searching (mencari) dan apartment (apartemen). pada jawaban (C) dan (D), kata research (penelitian) dan perch (tenggeran burung) terdengar seperti kata serach (mencari), maka pilihan jawaban ini salah. Pada pilihan jawaban (A) dan (D), kata department (departemen) dan parchment (kertas kulit) terdengar seperti kata apartment, maka pilihan jawaban ini salah. Karenanya, jawaban yang tepat adalah (B).
INGATLAH
Kunci Menjawab Soal Tes TOEFL Listening Nomor ketiga adalah "Menghindari Bunyi Kata yang Sama".
Kunci Menjawab Soat Tes TOEFL Listening (4)
BUAT KESIMPULAN TENTANG WHO, WHAT, WHERE
Umumnya, pada dialog singkat tes TOEFL listening,
Anda diminta untuk membuat beberapa kesimpulan. Pada jenis soal TOEFL ini,
pilihan jawaban yang tepat tidak begitu jelas. Bahkan Anda harus membuat
kesimpulan berdasarkan petunjuk yang diberikan. Salah satu kesimpulan yang
umumnya diminta adalah diminta untuk menentukan siapakah yang berbicara,
berdasarkan petunjuk tersebut. Perhatikan contoh soal berikut ini.
Dalam audio rekaman terdengar:
(Woman): Can you tell me what assignments I missed when I was absent from your class? (Bisakah beritahu saya tugas apa yang diberikan saat saya tidak hadir di kelas Anda?)
(Man) : You missed one homework assignment and a quiz
(Kamu ketinggalan satu tugas pekerjaan rumah dan ulangan)
(Narator) : Who is the man?
(Siapakah pria ini?)
Pada buku tes atau layar komputer terdapat pilihan jawaban:
(A) A newspaper editor (Editor koran)
(B) A police officer (Polisi)
(C) A teacher (Guru)
(D) A student (Siswa )
Petunjuk your class (pelajaran Anda), assigments (pekerjaan rumah), quiz (ulangan) pada dialog di atas menunjukkan bahwa pria itu kemungkinan seorang guru. Maka pilihan jawaban (C) adalah jawaban yang tepat.
Ciri lain dari jenis soal ini, biasanya meminta Anda untuk menentukan apa kemungkinan yang akan terjadi selanjutnya, melalui kata petunjuk yang diberikan dalam dialog.
Perhatikan contoh soal berikut ini.
Dalam audio rekaman terdengar:
(Woman):
Are you going to read those books
here in the library?
(Apakah Anda akan membaca buku-buku itu di sini di perpustakaan?)
(Man) : I think I’d rather check them out now and take them home.
(Menurut saya, saya lebih baik meregistrasi keluar buku itu sekarang dan
(Apakah Anda akan membaca buku-buku itu di sini di perpustakaan?)
(Man) : I think I’d rather check them out now and take them home.
(Menurut saya, saya lebih baik meregistrasi keluar buku itu sekarang dan
membawanya
pulang)
(Narator) : What will the man
probably do next?(Apa kemungkinan yang akan dilakukan pria itu kemudian?)
Pada buku tes atau layar komputer terdapat pilihan jawaban:
(A) Sit down in the library. (Duduk di perpustakaan)
(B) Look for some more books. (Mencari beberapa buku lagi)
(C) Return the books to the shelves. (Mengembalikan buku ke rak buku)
(D) Go to the circulation desk. (Pergi ke meja sirkulasi)
Pria tersebut mengatakan akan meregistrasi keluar buku itu sekarang (check them out now). Sedangkan meja sirkulasi buku adalah tempat di mana Anda meregistrasi keluar buku dari perpustakaan. Pria tersebut pastinya akan pergi ke meja sirkulasi buku (circulation desk), maka pilihan jawaban yang tepat adalah (D).
Jenis terakhir dari tipe soal membuat kesimpulan, pada umumnya menentukan di mana --tempat-- dialog tersebut terjadi, berdasarkan kalimat petunjuk yang diberikan dalam percakapan.
Perhatikan contoh soal berikut ini.
Dalam audio rekaman terdengar:
(Woman) : Are you going into the water, or are you just going to lie there on the sand?
(Apakah Anda akan menyelam ke dalam air atau hanya berbaring di atas pasir?)
(Man) : I think I need to put on some suntan lotion.
(Menurut saya, saya harus memakai losion anti matahari)
(Narrator) : Where does this conversation probably take place?
(Di mana kemungkinan dialog ini berlokasi?)
Pada buku tes atau layar komputer terdapat pilihan jawaban:
(A) At a beauty salon. (Di salon kecantikan)
(B) At the beach. (Di pantai)
(C) In a sandbox. (Di kotak pasir)
(D) At an outdoor restaurant. (Di luar restoran)
Kata kunci water (air), sand (pasir) dan suntan lotion (losion anti matahari) menjelaskan bahwa kemungkinan dialog ini bertempat di pantai. Maka, pilihan jawaban yang tepat adalah (B).
Perhatikan skema berikut ini untuk mendapatkan titik kunci dalam menjawab jenis soal ini.
INGATLAH
Kunci Menjawab Soal Tes TOEFL Listening nomor keempat adalah "Buat Kesimpulan Mengenai Who, What, Where".
Kunci Menjawab Soal Tes TOEFL Listening (5)
DENGARKAN SIAPA (WHO) DAN APA (WHAT) DALAM PERNYATAAN PASIF
Terkadang sulit untuk memahami siapa dan apa yang
dikerjakan dalam pernyataan pasif. Masalah ini seringkali ditanyakan dalam soal
dialog tes TOEFL listening. Kunci menjawab jenis soal ini adalah memerhatikan
siapa dan apa dalam pernyataan pasif. Perhatkan contoh soal berikut ini.
Dalam audio rekaman, Anda mendengar:
(Man) : Did Sally go to the bank this morning?(Apakah Sally pergi ke Bank hari ini?)
(Woman): Yes, she did. She got a new checking account
(Ya, dia sudah berangkat. Dia mendapat rekening baru)
(Narrator): What does the woman imply?
(Apa yang diisyaratkan wanita itu?)
Pada buku tes atau layar komputer, Anda akan membaca:
(A) Sally wrote several checks. (Sally menulis beberapa rekening)(B) Sally wanted to check up on the bank. (Sally ingin memeriksa rekening di bank)
(C) A new checking account was opened. (Rekening baru telah dibuka)
(D) Sally checked on the balance in her account. (Sally memeriksa saldo rekeningnya)
Dalam dialog ini, wanita ini menggunakan pernyataan aktif; Sally telah mendapat rekening baru (She got a new checking account). Pilihan jawaban yang tepat menggunakan kalimat pasif; yaitu rekening baru telah dibuka (A new checking account was opened) yang menyatakan gagasan makna yang sama. Maka, pilihan jawaban yang tepat adalah (C).
INGAT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar